Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Simpel Kenali Akun Palsu di Facebook



Apabila Anda memiliki ratusan bahkan ribuan teman di daftar friendlist di Facebook, yakinkah Anda apakah itu semua adalah account asli?

Di tahun lalu, ada laporan bahwa ternyata jutaan dari jumlah total keseluruhan pengguna Facebook adalah palsu.

Lantas bagaimana mengidentifikasinya?

Berikut ini adalah 2 cara paling mudah untuk mengidentifikasi account-account 'bayangan' tersebut.

1. Profil picture 

Internet adalah gudangnya informasi termasuk gambar. Ada kalanya pemilik account palsu memakai gambar yang dia dapatkan di internet sebagai profile picturenya.

Untuk itu, Anda dapat membuka Google Image dan menyeret gambar profile tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan Google dan melihat berapa banyak foto itu ada.

Apabila tidak ditemukan, maka dapat dipastikan bahwa account tersebut adalah asli. Namun, apabila ditemukan kembarannya di situs lain, maka dapat dipastikan account itu adalah palsu.

2. Timeline

Account Facebook palsu juga dapat diidentifikasi melalui timeline yang bersangkutan. Rata-rata, account palsu menggunakan gender perempuan sebagai kamuflasenya. Namun dalam hal ini bukan berarti semua account dengan gender perempuan adalah palsu.

Timeline adalah cara paling ampuh untuk melihat asli tidaknya sebuah account. Apabila di dalam account itu hanya terdapat 1 atau 2 folder saja dengan gambar yang tidak relevan, maka dapat dipastikan account itu adalah palsu.

Selain itu, mayoritas pemilik account palsu jarang untuk memberikan update status atau juga menanggapi status yang dituliskan oleh seseorang.

Dari timeline itu, Anda juga dapat melihat dari kolom "about." Apabila informasi pribadi yang tertera di kolom tersebut hanya sedikit atau juga terkesan ngawur dapat dipastikan account itu adalah palsu.

Semoga Anda tidak tertipu lagi dengan account facebook perempuan-perempuan cantik. (*/mdk)
loading...