Cara Merawat Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga

Baca_Juga:

6 Cara Merawat Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga - Bunga Bougenville adalah salah satu tanaman hias yang paling sering kita jumpai baik itu di pinggir jalan, di halaman rumah, di pekarangan, hingga di taman. Awalnya, bunga ini ditemukan oleh Antonio De Bougainville , seorang pelaut berkebangsaan Prancis, di Brasil pada tahun 1769-1776.

Bunga ini banyak kita jumpai di negara kita karena iklimnya yang cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Di negara kita, bunga ini dikenal juga dengan bunga kertas. Kenapa ya? Coba Tebak? Yups, mahota bunga bougenville tipis dan tampak seperti kertas. Makanya disebut bunga kertas.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bunga Bougenville dapat dibudidayakan dan tumbuh. Salah satunya, bunga bougenville dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 1400 m di atas permukaan laut.

Tanaman hias ini dapat berbunga banyak dan warnanya cerah maksimal pada daerah yang memiliki ketinggian 700-1000 meter. Tapi semua itu tergantung cara kita merawatnya. Jika kita merawat asal-asalan meskipun di daerah dengan ketinggian ideal, bunga bougenville tidak akan bisa tumbuh maksimal. Baca juga: Budidaya Tanaman Hias.

Manfaat Bunga Bougenville


Ternyata, selain bentuk dan warnanya yang cantik, bunga bougenville juga memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Bila ditanam berjejer di tepi jalan, selain mempercantik jalanan, bunga ini juga dapat berfungsi sebagai penyerap polusi jalan dan kebisingan.

2. Bila ditanam di tengah pembatas jalan, bunga bougenville dapat berfungsi sebagai penahan silau lampu kendaraan di malam hari. Tanaman bougenville dapat ditanam di tepi atau median jalan karena selain mempercantik indahnya jalanan, juga karena bentuknya yang kecil dan sedang, sesuai dengan ruangan yang tersedia. Baca : Cara Menanam Bunga Dahlia.

3. Bila ditanam di taman kota. Bunga bougenville mempunyai fungsi sosial yakni sebagai pemelihara lingkungan hidup dari pencemaran akibat kegiatan manusia seperti menyerap debu, meredam getaran suara, menyerap racun hasil pembakaran, dan tentunya untuk mempercantik taman kota sebagai tempat refreshing bagi warganya.

Cara Agar Bunga Bougenville Cepat Berbunga


Nah, bagi Anda yang sedang maupun mempunyai keinginan untuk memelihara bunga bougenville, akan kami berikan tips dan trik bagaimana cara merawat bunga bougenville agar cepat berbunga.

1. Tanam di Media yang Tepat

Jika ingin bunga bougenville dapat tumbuh dan berbunga dengan cepat, salah satu yang harus diperhatikan adalah media tanamnya. Media tanam yang baik bagi bunga bougenville adalah campuran tanah dan humus yang memiliki kesuburan cukup tinggi sirkulasi udara yang baik.

Perlu diperhatikan juga suhu di daerah bunga bougenville ditanam. Bila ditanam di daerah bersuhu dingin, tidak disarankan untuk meletakkan bunga menanam di luar ruangan (outdoor). Sebab pada iklim yang lembab, bunga bougenville tidak akan berbunga.

2. Penyinaran yang Cukup

Tanam atau letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Jangan sampai diletakkan atau ditanam di tempat yang terhalang dari sinar matahari ya! Bunga bougenville termasuk jenis tanaman yang memerlukan sinar matahari selama sehari penuh. Baca : Cara Menanam Bunga.

3. Penyiraman yang Cukup

Penyiraman yang teratur sangat mempengaruhi perkembangan bunga bougenville. Bila terlalu banyak atau terlalu sedikit penyiraman, maka akan menghambat pertumbuhan bunga bougenville. Lakukan penyiraman bunga bougenville sehari 2 kali, pagi dan sore dengan jumlah secukupnya.

Apalagi musim hujan, tidak perlu melakukan penyiraman karena dikhawatirkan kelebihan pasokan air. Jika kelebihan pasokan air, maka tanah mengalami kejenuhan air sehingga mengakibatkan terjadinya kekurangan oksigen dan kelebihan CO2. Akibatnya, fungsi akar dalam bunga bougenville untuk menyerap air dan tanah justru mengalami gangguan.

4. Pemangkasan Cabang dan Ranting Secara Berkala

Pangkaslah ranting atau cabang bunga secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan keduanya untuk tumbuh dan membuat bunga kertas tampak lebih subur dan terlihat cantik. Cukup potong pada cabang atau ranting yang panjangnya berlebihan. Pemotongan ini memerlukan seni estetika yang kita miliki, jika salah dalam memotong, bisa-bisa bunga bougenville tidak lagi menjadi cantik. Jadi, berhati-hatilah!

5. Pemberian Pupuk Secukupnya

Bunga bougenville sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak pupuk. Akan tetapi, jika ingin bunga yang lebih subur, pemupukan bisa dilakukan secukupnya saja. Proses pemupukan pada bunga kertas dilakukan saat pembungaan. Disarankan, pupuk yang digunakan adalah pupuk organik atau pupuk kompos dengan takaran secukupnya. Hindari penggunaan pupuk kimia, apalagi jika Anda tidak terlalu paham dengan fungsi dan kegunaannya.

6. Perlakuan Stress Air

Perlu diperhatikan bahwa ada masa dalam satu tahun, bunga kertas tidak memerlukan air. Yakni pada saat pembungaan. Pembungaan biasanya diawali dengan keadaan stres air, artinya untuk memacu proses pembungaan tanaman membutuhkan kondisi kekurangan air dalam jangka waktu tertentu. Masa ini diawali dengan munculnya satu atau dua buah kuncup bunga kertas dan biasanya terjadi selama tiga sampai empat hari. Pada masa tersebut, kita tidak perlu menyiram bunga bougenville dengan perhitungan tanaman tidak akan mati selama tidak kita siram air. Setelah masa tersebut dilewati, kemungkinan daunnya akan rontok sebagian dan bunga bougenville mulai mengeluarkan kuncup.

Nah, itulah tips dan trik bagaimana merawat agar bunga bougenville cepat berbunga. Silakan Anda coba di rumah!

Selamat Mencoba!

Referensi: https://ilmubudidaya.com/cara-merawat-bunga-bougenville

Thanks

loading...
Selamat Berkunjung di halaman ini, Semoga Bermanfaat....Jangan lupa di follow, like and share...